Dua Kecamatan di Kabupaten Pohuwato Gorontalo Dilanda Banjir

Dua Kecamatan di Kabupaten Pohuwato Gorontalo Dilanda Banjir

POHUWATO - Hujan yang mengguyur secara terus menerus selama dua hari di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo menyebabkan dua kecamatan di wilayah tersebut terendam banjir pada Kamis (15/7/2021).

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB), Abdul Muhari menyatakan, dua kecamatan terdampak banjir tersebut adalah Kecamatan Dengilo, yakni Desa Pepaya, Padengo, Karangetan, dan Hutamoputih.

"Kemudian Kecamatan Paguat yang termasuk wilayah administrasi Kabupaten Pohuwato juga terdampak banjir, yakni Desa Bumbulan, Sipayo, Molamahu, Kelurahan Pentadu, dan Siduan dengan Tinggi Muka Air (TMA) bervariasi mulai dari 30 cm hingga satu meter, " kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima InfoPublik, Sabtu (17/7/2021).

Menurut laporan yang diterima Pusdalops BNPB, terdapat sebanyak 2.355 jiwa terdampak atau sebanyak 644 Kepala Keluarga (KK), dengan 37 KK diantaranya telah mengungsi ke tempat pengungsian, sementara sebagian warga lain memilih bertahan di rumah masing-masing.

Kerugian materil akibat banjir ini sebanyak 644 unit rumah warga terdampak, irigasi induk di Desa Padengo jebol, tanggul Desa Bumbulan dan Sipayo jebol, dua jembatan rusak berat, area perkebunan terendam, dua fasilitas pendidikan dan lima fasilitas ibadah terdampak.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pohuwato sejak banjir terjadi terus melakukan pendataan dan proses evakuasi korban di lokasi terdampak bencana. Selain itu, petugas juga telah membuka dapur umum yang berlokasi di halaman kantor Desa Pepaya. Bantuan berupa tikar, selimut, nasi bungkus sebanyak 1.213 bungkus, family kit, serta paket kebersihan telah didistribusikan.

Penyedotan air dengan menggunakan pompa air juga terus dilakukan di berberapa titik banjir.

BPBD Kabupaten Pohuwato bersama Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman serta pemerintah Kecamatan dan Desa melakukan pendampingan saat Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato melakukan pemantauan di lokasi terdampak banjir.

Menyikapi bencana tersebut, Pemerintah Kabupaten Pohuwato sedang memproses status Tanggap Darurat (TD) selama 14 hari yakni 15 Juli hingga 28 Juli 2021 mendatang.

Laporan terkini di lokasi kejadian, cuaca hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih terjadi, namun TMA telah berkurang menjadi 20 hingga 30 sentimeter.

Warga pun secara mandiri membersihkan rumahnya masing-masing dari sisa banjir dan lumpur. Sementara pengungsi masih bertahan di kantor Koramil dan Masjid Pendatu.

Menurut kajian analisis InaRISK, wilayah Kabupaten Pohuwato memiliki risiko bencana banjir sedang hingga tinggi dengan luas risiko 17.383 hektar atau sekitar 13 kecamatan terdampak.

BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD setempat guna upaya penanggulangan bencana pasca banjir. Warga juga diimbau untuk waspada terhadap ancaman banjir susulan maupun potensi adanya penyakit pasca banjir. (Foto: BNPB).

POHUWATO GORONTALO
Update

Update

Previous Article

Tekan Penyebaran Covid-19, Camat PopBar...

Next Article

IMM Minta DPRD Kabupaten Pohuwato Tolak...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Andy

Andy

Postingan Bulan ini: 234

Postingan Tahun ini: 303

Registered: Nov 20, 2020

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 184

Postingan Tahun ini: 1467

Registered: Sep 25, 2020

Update

Update verified

Postingan Bulan ini: 173

Postingan Tahun ini: 2511

Registered: Jul 9, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 162

Postingan Tahun ini: 996

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Joni Hermanto

Kabupaten Tana Toraja Masuk Daftar PPKM Level 4, Kapolres: Penyekatan di Perbatasan Mulai  Hari Senin
Besok Sidang MK  Dan Jika Terjadi Kembali Pelanggaran PSU Jilid II, Apakah PSU Kembali Atau Salah Satu Paslon Di Diskualifikasi Oleh MK ?
Warga Nagori Mancuk Ditemukan Tewas di Areal PTPN IV Kebun Dosin, Dugaan Akibat Gigitan Ular Berbisa
Bravo...Polres Labuhanbatu Grebek Judi 12 Mesin Jackpot Di Sekitar Lingkungan Rumah Cawabup Labuhanbatu

Follow Us

Recommended Posts

Badan Diklat Provinsi Gorontalo Masuk Nominasi 4 Besar Nasional
Pelamar Guru PPPK Diminta Tuntaskan Pendaftaran di Aplikasi SSCASN
Ini Alasan Indonesia Wajib Lakukan Eksplorasi dan Eksploitasi Mineral Laut Dalam
Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan Koorsahli hingga Komandan Puspom
Ketua DPR RI Puan Maharani: Penanganan Covid-19 Harus Jujur dan Transparan agar Rakyat Percaya